Pengaruh dan Fungsi Kemasan Dan Jenis Kemasan Terhadap Kesuksesan Produk



Menjual sebuah produk atau sebuah makanan tertentu pastinya akan membutuhkan pembungkus atau kemasan untuk produk dan makan yang dijual, namun tentunya kemasan produk harus cukup menarik perhatian agar produk yang dijual pun juga dapat terjual sampai dengan habis. oleh sebab itu desain kemasan sangatlah berpengaruh di dalam hal tersebut di karenakan desain dari sebuah kemasan adalah nilai tambahan bagi sebuah produk ataupun barang yang di jual dan tentunya nilai tersebut yang di maksud adalah dapat menarik perhatian para pembeli ketika melihat produk yang anda jual memiliki kemasan yang menarik dan unik.

Desain kemasan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah produk terutama pada faktor bagian warna dari desain tersebut dan juga gambar yang ada sehingga membuat sebuah produk menjadi memiliki unsur yang indah dan dapat menarik perhatian para calon konsumen. Unsur warna dan gambar yang terdapat pada desain dari kemasan sebuah produk lah yang merupakan faktor paling penting jika ingin membuat sebuah desain dari kemasan produk agar terlihat menarik di mata para calon pelanggan atau konsumen anda nanti.

Selain desain, jenis kemasan pun juga terbagi menjadi berbagai macam jenisnya tergantung dari yang ingin anda pakai untuk dijadikan sebagai kemasan, kemasan - kemasan ini biasanya bisa berupa plastik, tas, kertas, dus dan masih banyak lagi jenis - jenis untuk kemasan produk yang dapat kalian pilih. beberapa rincian di bawah ini akan sedikit menjabarkan apa saja pengaruh dan juga fungsi dari kemasan terhadap produk yang sedang akan anda jual.


FUNGSI KEMASAN UNTUK PRODUK

Ketika makanan atau minuman yang telah di buat telah siap untuk di sajikan, tentu nya untuk memberikan makanan atau minuman tersebut kepada konsumen adalah harus dengan menggunakan kemasan agar makanan dapat terlindungi dari hal - hal yang membuat cita rasa dari makanan tersebut berkurang dan makanan juga minuman di dalamnya dapat terjaga dengan baik.

Adapun fungsi lainnya adalah agar makanan dan minuman tersebut dapat dengan mudah di bawa oleh para pelanggan yang membeli produk anda, di selingi dengan itu anda dapat menambahkan desain dari kemasan tersebut untuk kesempatan promosi bagi produk yang sedang anda jual, agar produk anda juga dapat lebih dikenali oleh kalangan orang banyak tentunya.

Dan yang terakhir adalah dikarenakan banyak nya persaingan dalam hal makanan dan minuman maupun produk lainnya yang sedang di jualm fungsi dari kemasan juga dapat memberi tanda atau membedakan produk yang dimiliki oleh suatu konsumen ataupun sebuah perusahaan tertentu. dan masih banyak lagi fungsi

PENGARUH KEMASAN (PACKAGING) UNTUK PRODUK

Pengaruh sebuah kemasan tentunya sangatlah besar bagi sebuah produk yang akan di jual kepada kalangan masyarakat umum, salah satunya adalah melindungi makanan atau minuman yang dijual dari hal - hal yang akan membuat sebuah rasa dari makanan ataupun minuman menjadi berkurang dan akhirnya timbul rasa tidak enak kembali untuk di konsumsi. Desain kemasan produk juga berperan penting dalam hal pengaruh dari kemasan untuk kesuksesan suatu produk, dikarenakan desain yang di buat pada suatu jenis kemasan akan membuat produk yang dijual menjadi lebih dapat menarik perhatian orang - orang misalnya dari tempatnya yang unik dan juga sedang populer.



Dalam lingkup area usaha baik itu usaha kecil maupun usaha besar produk yang sedang anda jual harus lah benar - benar dapat menarik perhatian para konsumen di bandingkan dengan para pesaing produk anda juga, kemasan yang anda buat dengan menarik dan unik tentunya akan semakin banyak membuat para calon konsumen menjadi tertarik untuk membelinya. Namun anda tetap harus memperhatikan kualitas dari produk yang anda jual juga, jangan sampai membuat para konsumen kecewa dikarenakan kualitas yang kurang baik dari produk yang anda jual yang mengakibatkan produk anda tidak laku meskipun sudah membuat desain kemasan  produk dan juga jenis kemasan yang menarik dan juga unik.

JENIS - JENIS KEMASAN PRODUK


Yang terakhir akan dibahas adalah jenis - jenis dari kemasan sebuah produk, kemasan modern sendiri terbagi menjadi beberapa yaitu primary, secondary dan tertiary packaging. Primary packaging adalah kemasan yang dipakai pertama kali atau bisa di sebut dengan kemasan yang pertama kali bersentuhan dengan isi dari produk tersebut contohnya seperti kaleng, botol kaca, plastik, kertas dan banyak lagi. Secondary adalah jenis kemasan yang kedua yaitu kemasan tambahan setelah Primary packaging untuk produk produk tersebut dijadikan menjadi 1 tempat. misalnya seperti paper bag produk, kardus, dan banyak lagi jenisnya. Dan yang terakhir adalah tertiary packaging, tertiary packaging adalah jenis pack yang terakhir, biasanya di step ini adalah hanya pemberian label dari produk yang akan di kirim atau dijual tersebut agar menjadi dapat di bedakan dengan produk serupa lain nya dari pemilik pengusaha yang berbeda

Jadi seberapa besar pengaruh dan fungsi desain kemasan produk juga jenis kemasan? jawabannya adalah sangat berpengaruh dan bahkan berperan penting dalam menjaga citra rasa atau kualitas dari produk. Hal lain yang perlu di ingat adalah bahwa desain kemasan juga berperan penting dalam komunikasi terhadap calon pelanggan nantinya, anda dapat mengambil kesempatan ini untuk sekaligus promo mengenai produk yang sedang dijual kepada para pelanggan. Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat bagi banyak orang yang membaca artikel ini.

Komentar