Mengenal Jenis - Jenis Kertas Dalam Dunia Percetakan




Kertas merupakan sebuah benda yang pada zaman sekarang ini paling banyak di cari orang untuk digunakan sebagai media untuk menulis sebuah surat atau pesan lainnya, selain menulis kertas juga banyak di gunakan sebagai media atau wadah ketika ingin print tulisan yang berada di komputer menjadi bisa dilihat dengan jelas.

Berdasarkan point di atas bisa di simpulkan bahwa manfaat kertas sangat lah banyak bagi kebutuhan sehari - harinya, kertas yang umumnya paling banyak digunakan adalah kertas jenis HVS, HVS ini memiliki ciri kertas yang berwarna putih dan juga halus seperti tidak ada serat kertas nya sedikit pun.

Selain HVS perlu anda ketahui jenis kertas itu tidak hanya HVS saja yang paling populer digunakan dan di cari banyak orang, masih banyak lagi jenis - jenis kertas yang biasanya juga banyak orang mencarinya dan tidak kalah populer dibandingkan dengan HVS

Berikut artikel ini anda akan melihat beberapa jenis - jenis kertas lainnya yang tidak kalah jauh populer juga dengan HVS dan juga sekalian untuk mengenal jenis kertas agar tidak salah ketika ingin membeli kertas.

1. HVS


HVS merupakan kepanjangan dari HOUTVRIJ SCHRIJFPAPIER bahasa ini berasal dari bahasa belanda yang berarti memiliki arti yaitu kertas tanpa serat kayu, seperti yang sudah di infokan sedikit diatas kertas satu ini adalah kertas yang paling populer di antara kertas - kertas lainnya. kertas HVS banyak di gunakan untuk kebutuhan seperti foto copy dokumen, print tulisan, menulis surat, dan masih banyak lagi kegunaan dari kertas HVS ini.

2. ART CARTON


Art carton adalah jenis kertas yang mengkilap di halaman kertasnya, art carton biasanya di gunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan seperti poster, majalah, booklet,dan banyak lagi yang bisa di gunakan dari kertas ini, ukuran yang terdapat dalam kertas art carton pun beragam jenisnya mulai dari yang paling tipis 190gr sampai dengan yang paling tebal yaitu 310gr.

3. ART PAPER


Art paper hampir memiliki ciri khas yang sama dengan art carton yaitu sama - sama mempunyai kedua sisi yang mengkilap pada kertasnya bedanya kertas art paper dan art carton adalah berbeda pada ukurannya, umumnya art cartoon lebih tebal di bandingkan dengan art paper.
Art paper biasanya di gunakan untuk membuat flyer, brosur, isi majalah, dan banyak lagi kegunaan dari kertas satu ini

4. BUFFALO


Kertas buffalo kertas yang memiliki beragam jenis warna ini biasa sering di gunakan sebagai pembatas ataupun sebagai cover buku jilid dan banyak lagi fungsinya. Buffalo memiliki ciri khas mempunyai serat kayu yang bentuknya abstrak dan juga warna pada umumnya semua berwarna gelap. Kegunaan kertas buffalo sangan beragam dalam dunia percetakan sejak dulu hingga sekarang.

5. LINEN



Kertas linen dan kertas buffalo terkadang banyak orang yang bilang itu sama, yang kenyatannya kedua kertas tersebut adalah kertas yang berbeda, perbedaan yang terdapat dari kertas buffalo dan linen bisa terlihat dari seratnya. Buffalo memiliki serat kayu yang bentuknya abstrak sementara linen memiliki serat benang yang bentuknya selalu lurus yang benar - benar seperti benang kain pada umumnya.

6. KERTAS MANILA


Manila adalah jenis kertas yang memiliki tekstur yang halus pada kertasnya. Tergolong halus karena kertas satu ini tidak memiliki lapisan - lapisan apapun ataupun serat - serat seperti kertas lainnya. Kertas manila juga memiliki beragam jenis warna yang sangat banyak, umumnya warna - warna yang terdapat pada kertas ini adalah warna -warna yang cerah.

7. KERTAS DUPLEX


Kertas duplex kertas yang tidak kalah populer dengan kertas HVS dikarenakan pada umumnya kertas jenis satu ini biasa banyak dicari orang - orang untuk pembuatan kotak makanan atau pembungkus makanan lainnya, warna sisi dari kertas duplex ini memiliki warna yang berbeda yaitu satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna coklat.

8. KERTAS NCR


Kertas NCR adalah kertas yang biasa di gunakan sebagai pengganti karbon untuk menyalin tulisan ke halaman lainnya, biasanya kertas ini di gunakan sebagai pembuatan kwitansi, nota, faktur, bon, pada umumnya, karena sifatnya yang mirip seperti karbon yaitu dapat langsung menyalin tulisan ke beberapa halaman lainnya tanpa perlu menggunakan karbon.

Sampai disini informasi mengenai jenis - jenis kertas yang bisa di rincikan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi bagi anda yang ingin membeli kertas namun tidak mengerti jenis - jenis kertas dan juga fungsi dari nama nama kertas tersebut yang biasa digunakan ada pada umumnya.

Komentar

Posting Komentar