Mari Belajar Yuk! Mengenal Mesin Cetak Offset Dan Prosesnya




Mesin cetak offset adalah mesin yang digunakan untuk membuat cetakan dengan jumlah skala yang besar, pada umumnya cetakan yang menggunakan proses melalui mesin cetak ini akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cetakan yang menggunakan mesin digital, dikarenakan mesin jenis satu ini hasil cetakannya tidak dapat langsung di letakkan ke media yang ingin di cetak, melainkan masih harus melalui beberapa proses terlebih dahulu sebelum di cetak.

Proses cetak menggunakan mesin ini biasa nya gambar / desain yang telah melalui proses di komputer selanjutnya akan di cetak ke dalam plakat terlebih dahulu yang dilanjutkan ke dalam permukaan karet barulah setelah itu di letakkan ke dalam media yang ingin di letakkan cetakannya.

Ketiga proses diatas pastinya akan memerlukan waktu yang cukup lama dan juga ketika cetakan telah selesai di cetak ke media yang di letakkan maka media tersebut juga masih harsu melalui proses pengeringan tinta dikarenakan mesin cetak satu ini memakai tinta cair sebagai tinta nya

Berikut artikel di bawah ini akan menjelaskan bagaimana proses kerja mesin cetak ini dari cetakan awal sampai dengan tercetak ke dalam media dan juga sedikit penjelasan beberapa jenis mesin cetak offset.


JENIS MESIN CETAK OFFSET

Mesin cetak ini juga memiliki 3 jenis ukuran yaitu mulai dari mesin cetak yang berukuran kecil, sedang hingga mesin cetak yang berukuran besar. tiap - tiap mesin memiliki area cetak dan area kertas yang berbeda - beda tiap mesinnya.

area cetak dengan area kertas memiliki pengertian yang berbeda, area cetak adalah batas area desain yang dapat di letakkan pada area mesin tersebut yang berarti jika anda memiliki desain yang ukurannya melebihi area cetak yang di infokan maka anda tidak akan dapat menggunakan mesin tersebut untuk desainnya karena hasil desain yang ukurannya melebihi kapasitas akan terpotong, sementara area kertas juga memiliki pengertian yang sama dengan area cetak, yaitu batas ukuran kertas yang dapat di masukkana ke dalam mesin tersebut dan tidak dapat melebihi ukuran maximum dari mesin. berikut dibawah ini adalah nama - nama mesin cetak beserta penjelasan ukuran area cetak dan juga area kertas detail dari masing- masing mesin tersebut.



NAMA MESIN
AREA CETAK
AREA KERTAS
GESTENER
34 x 24
36 x 26
ROLAND 300
52 x 72
54 x 74
ROLAND 700
73 x 103
74 x 104
ROLAND 900 - 4
81 x 112
82 x 113
HAMADA 700
48 x 34
50 x 36
HAMADA 800
50 x 34
52 x 36
HEIDELBERG GTO 46
31 x 45
32 x 46
HEIDELBERG SM 52
34 x 50
36 x 52
HEIDELBERG SM 72
51 x 72
52 x 74
HEIDELBERG SM 102
70 x 102
72 x 102


Diatas adalah list nama - nama mesin beserta detail ukuran area cetak dan juga area kertasnya, apabila kalian ingin mencetak sebuah cetakan tertentu, periksalah terlebih dahulu cetakan kalian sebelum memilih untuk menggunakan salah satu mesin diatas, agar hasil cetakan dapat lebih memuaskan.

Selain nama - nama mesin dan juga ukuran area kertas dan area cetak dibawah ini selanjutnya akan dibahas mengenai proses mencetak dengan menggunakan mesin cetak offset dari awal sampai dengan selesai (finishing).


PROSES CETAK DENGAN MENGGUNAKAN MESIN OFFSET


PROSES PRA - CETAK (SEBELUM DI CETAK)

Proises ini adalah proses penyiapan bahan - bahan yang diperlukan untuk mencetak seperti, bahan kertas, bahan plakat / plate, desain di komputer, pada proses ini adalah proses menyiapkan kertas dan plakat sesuai dengan desain yang di perlukan dan juga menyetting format desain yang akan dibuat pada komputer.

PROSES CETAK

Setelah bahan - bahan disiapkan kemudian lanjut ke dalam proses cetak yaitu dimana pada proses ini cetakan akan mulai masuk ke dalam mesin, bermula dari plate / plakat yang di letakkan pada masing - masing - masing posisi mesin berdasarkan ukurannya. Kemudian plat akan dipasang di roll yang ada pada mesin yang selanjutnya ada kertas yang terletak dibawah roll tersebut, setelah semuanya siap maka proses cetak akan dijalankan, kertas dan plate akan saling bersentuhan sehingga desain yang ada di plate akan pindah ke atas kertas

PROSES FINISHING

Tahap akhir dalam cetak offset adalah finishing pada proses ini kertas akan di sesuaikan untuk di potong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan atau sesuai dengan desain tertentu di potong menjadi beberapa bagian lagi, lalu cetakan akan di packing dan kemudian siap untuk di kirim atau di ambil oleh customer.

Itulah beberapa pengertian tentang mesin cetak offset dan juga nama - nama mesin ini serta beberapa proses cetak offset dengan menggunakan mesin offset ini. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan lagi bagi anda agar ketika ingin mencetak sesuatu tidak salah dalam memilih mesin.

Komentar