Baca! Kegunaan Kertas Buffalo Yang Mungkin Belum Anda Ketahui



Kertas merupakan alat atau wadah untuk menulis yang pada saat ini banyak di gunakan sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari – hari, dimana pun kita berada ketika kita ingin mencatat suatu hal yang penting untuk di catat pasti wadah yang dicari adalah kertas. pada artikel kali ini kita akan membahas jenis kertas yang biasa di sebut dengan nama kertas buffalo.

Kertas buffalo adalah kertas yang terbuat dari bahan – bahan daur ulang dan mempunyai ketebalan yang cukup baik juga bertekstur kasar seperti tekstur berserat kayu yang dapat dilihat secara jelas pada bagian keseluruhan kertas ini. Kertas jenis ini biasanya banyak dijumpai atau di jual di tempat yang menjual jenis – jenis atk, foto copy an, toko buku, toko kertas dllnya.

Jenis dari kertas ini juga memiliki banyak pilihan bermacam – macam warna, sehingga kalian bisa memilih warna sesuai yang kalian inginkan jika ingin menggunakan kertas tersebut sebagai wadah atau keperluan lain, namun apa saja fungsi dari kertas tersebut ? berikut dibawah ini adalah uraian mengenai fungsi dari kertas buffalo yang harus perlu kalian ketahui.



1. CETAK UNDANGAN

Pernah mendapatkan undangan untuk menghadiri acara resepsi pernikahan atau acara khinatan anak tetangga atau saudara kalian? Jika iya maka perlu kalian ketahui kertas yang digunakan untuk membuat undangan tersebut adalah kertas buffalo, itu dikarenakan kertas tersebut memiliki ketebalan yang cocok untuk dijadikan bentuk undangan, selain memiliki ketebalan yang pas, buffalo juga memiliki banyak ragam jenis pilihan warna nya.

2. COVER JILID KLIPING

Membuat tugas lalu di print dan dijadikan bentuk seperti buku, pernah mendapat tugas seperti ini dari guru kalian? Pastinya setelah kalian print tugas kalian, kalian akan membawa nya ke tempat foto copy untuk di jilid? lalu melihat cover kertas belakang untuk tugas kalian itu berwarna warni? jika iya itulah yang di namakan dengan kertas buffalo.

3. HARD COVER

Membuat tugas kuliah lalu di haruskan untuk membuat tugas kalian menjadi bentuk buku atau biasa di sebut dengan hard cover, jika iya perlu kalian ketahui juga ini merupakan fungsi dari kertas buffalo yaitu menjadi sebuah hard cover untuk cetakan berupa jenis buku atau cetakan lain yang memerlukan hard cover sebagai cover cetakan tersebut.
  
4. PEMBATAS / SISIPAN

Salah satu fungsi dari kertas buffalo adalah sebagai pembatas atau sisipan pada cetakan atau halaman buku, bagi kalian yang suka membaca buku dan ingin membaca halaman tersebut dilain waktu kembali pembatas buku ini menjadi benda yang wajib dimiliki agar halaman terakhir kalian baca tidaklah hilang atau halaman pada buku tidak menjadi lecek di karenakan lipatan – lipatan pada halaman, sehingga buku tetap terlihat mulus dan bagus seperti baru. 

5. MAP / FOLDER
Pernah membeli map di tempat atk atau tempat foto copy an untuk menempatkan Surat – surat penting menjadi 1 tempat agar mudah dicari, atau untuk menempatkan menjadi wadah file file lainnya, namun apakah kalian tahu map tersebut terbuat dari apa? map yang biasa sering digunakan menjadi wadah surat penting atau file file yang lainnya sendiri terbuat dari kertas buffalo, kertas ini berfungsi untuk dibuat map dikarenakan tampilan nya yang menarik dan membuat file atau berkas penting terlihat rapi dan tersusun dengan baik.

6. KARTU NAMA
Kertas buffalo juga dapat dibuat menjadi sebuah kartu nama, akan tetapi hanya sedikit yang menggunakan bahan dasar kertas jenis ini sebagai bahan dasar untuk membuat kartu nama, tidak menutup kemungkinan berarti kertas ini tidak bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kartu nama.


KESIMPULAN : Banyak sekali fungsi dari kertas tersebut yang biasa digunakan untuk keperluan sehari – hari, terutama untuk anak kuliah, sekolah, dan orang – orang perkantoran untuk kepentingan tertentu seperti yang telah disebutkan pada penjelasan diatas.


Demikian penjelasan artikel mengenai fungsi dari kertas jenis buffalo, semoga artikel diatas dapat menjadi manfaat bagi banyak orang, dan menambah wawasan lebih luas lagi tentang kertas buffalo.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Komentar