Inilah Perbandingan Antara Sablon DTG dengan Manual



Berbagai jenis sablon kaos yang ada sangat beragam jenisnya, salah satunya adalah jenis sablon kaos DTG ini, teknik sablon kaos direct to garment (DTG) adalah teknik menyablon kaos dengan menggunakan mesin sablon tertentu yang pada umumnya desain yang di miliki dapat langsung di cetak ke dalam kaos dengan menggunakan mesin sablon DTG ini.

Berbeda dengan sablon manual, jika sablon manual memerlukan banyak tenaga secara langsung untuk proses sablonnya, maka tidak untuk sablon DTG ini. Hanya untuk sablon jenis ini berlaku untuk sablon kain garmen atau kaos saja tidak untuk yang lainnya seperti plastik.

Lalu apakah perbedaanya antara sablon DTG dengan sablon manual? berikut di bawah ini adalah penjelasan akan perbedaan dari kedua sablon tersebut.

Perbedaan Sablon DTG Dan Sablon Manual



Perbedaan sablon dtg dan sablon manual ini adalah mulai dari kualitas hasil sablon, bahan tinta sablon, kecepatan sablon, cara kerja kedua sablon tersebut sampai dengan warna yang di hasilkan. berikut ini penjabaran mengenai perbedaan - perbedaan tersebut.

1. KUALITAS SABLON

Tentunya perbandingan sablon DTG dan sablon manual yang paling mencolok adalah pada kualitas dari sablon tersebut, jika sablon manual memiliki warna yang terbatas untuk di sablon maka untuk sablon dengan teknik dtg ini warna dapat di sesuaikan dengan gambar yang di inginkan.

Sablon dtg ini hanya 1x proses sablonnya yaitu dengan memasukkan kaos ke dalam mesin tersebut untuk memulai proses sablon, sedangkan untuk sablon manual harus melalui 3x proses sablon, dan tentunya untuk soal ketahananan sablon, sablon kaos manual lebih unggul di bandingkan sablon dtg 

2. TINTA SABLON

Perbedaan sablon dtg dan sablon manual yang kedua adalah tinta dari kedua jenis sablon tersebut. Tinta yang digunakan oleh mesin sablon DTG hanya 1 yaitu tinta tekstil yang di produksi secara khusus agar dapat masuk ke dalam mesin sablon DTG tersebut, sedangkan sablon manual memang memiliki banyak warna, akan tetapi terkadang warna yang dimiliki atau dapat di cetak tersebut sangatlah terbatas.

3. KECEPATAN SABLON


Selanjutnya adalah kecepatan dari sablon dtg dan sablon manual, ini juga masuk ke dalam kategori perbedaan sablon dtg dan sablon manual dikarenakan kedua jenis sablon ini memiliki kecepatan yang berbeda - beda. Sablon DTG menggunakan sebuah mesin untuk memulai proses nya, dan untuk prosesnya tersebut memerlukan waktu sekitar 20-30 menit untuk mencetaknya, sedangkan untuk kecepatan sablon manual tergantung kepada sumber daya manusia, bahan sablon, luas tempat dan juga meja sablon yang di sediakan. semakin banyak meja yang di sediakan maka proses nya akan semakin cepat juga.

4. JUMLAH ATAU KUANTITAS HASIL SABLON

Seperti yang sudah di sebutkan diatas, bahwa proses sablon DTG sendiri ini menggunakan mesin untuk memulai proses sablonnya dan juga memiliki batas kapasitas tertentu dari tiap - tiap mesin tersebut, dan tidak dapat di paksakan apabila sudah mencapai kapasitas batas maksimal.

Sedangkan untuk kuantitas dari sablon manual adalah bergantung pada faktor pendukung yang tersedia pada lokasi sablon tersebut, faktor pendukung yang paling utama adalah ketersediaan jumlah meja untuk mulai melakukan proses sablon tersebut.

5. MINIMUM CETAK

Dalam hal minimal untuk cetak sablon DTG jauh lebih unggul buat anda yang ingin mencetak sablon secara satuan, dikarenakan sablon DTG ini dapat mencetak dengan kuantitas satuan, dibandingkan dengan sablon manual yang lebih mengutamakan cetakan dalam bentuk lusinan dan borongan atau minimal sebanyak 12qty.

6. HARGA SABLON

Menyinggung soal harga mungkin sedikit lebih sensitif dalam hal apapun termasuk untuk sablon. Jenis sablon DTG dan juga jenis sablon manual memiliki perbandingan harga yang cukup jauh, dikarenakan beberapa hal seperti misalnya adalah tinta sablon.

Untuk soal harga jenis sablon kaos manual jauh lebih unggul jika untuk produksi dalam quantity yang banyak, dikarenakan semakin banyak orderan maka harga yang di tawarkan pun akan semakin murah.

7. KERUMITAN PROSES

Untuk kerumitan sablon kaos tentunya adalah sablon manual yang paling rumit jika di bandingkan dengan sablon dtg, dikarenakan sablon manual masih harus melalui beberapa tahap proses sablon seperti harus cetak film, dan untuk mencetak 1 warnanya juga di perlukan 3-6x proses untuk menyelesaikannya dan masih harus melalui beberapa tahap proses tertentu seperti mempanaskan film tersebut yang baru hasilnya nanti di tuangkan ke media lainnya dahulu dan di cek apakah ada kesalahan atau tidaknya.

Sedangkan dtg hanya cukup menyiapkan film yang kemudian kaosnya di letakkan ke atas mesin saja dan selanjutnya mesin yang akan bekejar. oleh karena itu meskipun sablon manual prosesnya cukup rumit akan tetapi soal ketahanan kaos, sablon kaos manual jauh lebih unggul dibandingkan dengan dtg.


Demikian beberapa rincian penjabaran dari setiap perbedaan - perbedaan sablon dtg dan sablon manual, semoga informasi mengenai perbedaan kedua sablon ini dapat menjadi penambah wawasan bagi para pembaca dan menjadi berguna artikel ini bagi semua orang yang melihatnya.

Komentar