Ingin Mencetak Stiker ? Perhatikan Jenis Bahan Stiker Ini Terlebih Dahulu


Stiker merupakan jenis bahan kertas yang mempunyai daya perekat di belakang kertasnya yang berfungsi agar stiker dapat merekat di media atau tempat - tempat tertentu. Karena sifatnya yang bisa menempel di segala tempat, stiker menjadi sangat di gemari oleh banyak orang terutama para pengusaha yang memiliki produk yang harus di kemas pada sebuah kemasan. Stiker biasanya dijadikan sebagai label pada sebuah produk yang dikemas dengan tujuan agar produk yang dijual memiliki merk dan dapat dikenali oleh banyak orang.

Selain untuk promosi stiker juga dapat di tempelkan di beberapa media tertentu seperti kendaraan motor ataupun mobil, sepeda dan juga bisa di letakkan di tempat - tempat lainnya. Namun sebelum anda membuat stiker wajib anda mengetahui terlebih dahulu bahan - bahan stiker yang ada dan umumnya digunakan ketika akan membuat stiker, itu dikarenakan setiap bahan untuk membuat stiker memiliki sifat - sifat yang berbeda seperti ada yang dapat tahan dari air dan ada juga yang tidak. ada yang dapat tahan dari air dan minyak dan ada juga yang hanya dapa tahan dari air saja namun tidak untuk minyak, ada juga bahan yang berkilau memantulkan cahaya dan ada juga yang tidak memantulkan cahaya. masih banyak lagi sifat dari bahan - bahan untuk pembuatan stiker yang akan di bahas pada artikel berikut ini.

BAHAN - BAHAN UNTUK PEMBUATAN STIKER

1. STIKER BAHAN VINYL / YUPO


Kategori bahan jenis satu ini merupakan bahan yang dapat tahan dari air, walaupun tahan dari air bukan berarti jenis stiker satu ini dapat tahan dari air selamanya, hanya bahan stiker ini dapat bertahan dari air dalam jangka waktu yang cukup lama di bandingkan dengan bahan yang lainnya.

Perbedaan antara bahan vinyl dan bahan yupo adalah sifat ketahanannya, stiker vinyl hanya dapat bertahan dari air saja, namun stiker yang menggunakan bahan yupo dapat bertahan dari air dan juga dari minyak.

2. STIKER BAHAN TRANSPARAN


Stiker transparan adalah stiker yang ketika di buka dari perekatnya hanya akan menyisakan sebuah plastik yang bening namun dapat merekat dengan kuat dan juga  dengan logo atau gambar yang berada pada stiker tersebut.

Stiker transparan biasanya di buat untuk memberi suatu produk seperti produk yang dikemas dalam botol atau tempat - tempat lainnya yang akan memberi kesan mewah jika menempelkan stiker transparan ini. bisa juga di letakkan pada kaca mobil atau bisa di letakkan di badan motor,

3. STIKER BAHAN ORACAL


Bagi anda yang hobi menghias motor atau kendaraan mobil, dllnya dengan stiker maka stiker jenis oracal ini cocok sekali untuk di tempel pada bagian motor atau mobil anda. Karena sifat dari stiker ini yang lentur, tidak memantulkan cahaya dan juga memiliki warna yang kuat sehingga membuat warna gambar yang memakai bahan stiker ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. STIKER BAHAN SCOTLIGHT


Bahan jenis satu ini sangat baik dalam segi perekatnya, dikarenakan memiliki perekat yang sangat kuat ketika anda ingin memasang stiker ini pada kendaraan kesayangan anda, anda harus extra berhati - hati untuk meletakkannya karena ketika stiker ini sudah menempel maka akan sangat sulit untuk melepaskannya kembali, stiker ini juga dapat memantulkan cahaya sehingga akan membuat tampilan dari stiker ini terlihat berkilau.

5. STIKER BAHAN CHROMO


Stiker yang menggunakan bahan chromo juga tidak kalah bagus dengan stiker scotlight dalam segi perekat, bahan stiker chromo juga memiliki perekat yang kuat dan susah untuk dilepas apabila sudah menempel ke media.

Umumnya stiker yang menggunakan bahan ini lebih banyak digunakan untuk menamai label produk seperti tutup botol, permukaan botol, toples, kotak makanan, dan masih banyak lagi.

6. STIKER BAHAN HVS


Bahan stiker yang terakhir adalah bahan yang menggunakan HVS, umumnya stiker yang menggunakan bahan ini akan menggunakan ukuran kertas HVS A4 ataupun A3 yang lebih besar, bahan yang satu ini dapat di print dengan menggunakan printer kantor (Printer inkjet) yang akan memudahkan anda yang ingin mencetak stiker namun hanya ingin menggunakan bahan yang simple.

Kekurangan yang terdapat dari jenis bahan stiker ini adalah sama seperti kertas HVS yaitu rentan sobek dan juga rentan rusak.


Itulah beberapa jenis bahan stiker yang dapat di rincikan pada artikel ini, semoga dapat menambah informasi bagi anda yang ingin membuat stiker akan tetapi belum mengerti tentang bahan - bahan yang ada pada stiker.

Komentar