Berbagai Macam Teknik Cetak Yang Ada Pada Dunia Percetakan



Ketika memasuki dunia percetakan tentunya ada banyak hal - hal yang dapat di pelajari, salah satu hal tersebut adalah tentang jenis teknik cetak yang ada pada dunia percetakan. Teknik cetak yang terdapat pada dunia percetakan pun sangat banyak jenisnya, mulai dari offset printing, digital printing dan juga ada cetak sablon yang masing - masing dari setiap teknik tersebut memiliki fungsinya yang berbeda - beda.

.Percetakan dengan kehidupan dari dahulu hingga sekarang ini terlihat seperti tidak pernah terpisahkan dengan kehidupan manusia sehari - harinya, seperti hal nya adalah buku tulis, majalah, koran, dllnya, benda - benda tersebut termasuk ke dalam kategori benda yang memang di produksi melalui jasa percetakan.

Tentunya setiap teknik untuk mencetak memiliki arti yang berbeda dan juga fungsi yang berbeda - beda setiap tekniknya. Bagi anda yang masih awam dengan dunia percetakan dan tentang apa saja pengertian serta manfaat dari teknik teknik dari percetakan yang ada, maka berikut di bawah ini akan di bahas mengenai berbagai macam teknik cetak yang umumnya di gunakan pada dunia percetakan.

Offset Printing / Cetak Offset


Offset printing adalah salah satu teknik dalam percetakan yang paling sering di gunakan terutama untuk cetakan yang memiliki kuantitas yang besar. Proses cetak offset sendiri melalui sebuah media yang sudah di siapkan yang kemudian media tersebut nantinya akan di tuangkan ke dalam wadah berupa plakat yang kemudian di pindahkan ke atas permukaan karet barulah akan di pindahkan ke dalam permukaan atau wadah yang akan di gunakan atau yang di inginkan.

Cetak offset sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin mencetak dalam kuantitas banyak namun menginginkan harga yang bersahabat dan juga kualitas yang baik. dikarenakan cetak offset memiliki konsisten yang sangat tinggi jika di gunakan untuk mencetak suatu cetakan dalam skala yang besar. Namun tidak di rekomendasikan bagi anda yang menginginkan cetakan selesai dalam waktu yang singkat atau terburu - buru.

Digital Printing / Cetak Digital


Tidak kalah dengan offset printing, digital printing adalah versi cetak modern daripada offset printing yaitu teknik mencetak gambar yang memiliki basis digital atau bisa dikatakan tidak serumit offset printing yang masih harus melalui beberapa proses agar gambar dapat di cetak ke dalam wadah yang di inginkan. Digital printing dapat mencetak gambar langsung ke dalam suatu wadah atau objek benda tertentu, sehingga mencetak secara digital akan membuat waktu yang anda miliki jauh lebih hemat jika di bandingkan dengan cetak offset.

Namun karena memiliki waktu cetak yang cukup singkat, tidak di rekomendasikan bagi anda yang ingin mencetak dalam skala yang besar, dikarenakan harga yang terdapat pada digital printing cukup mahal dan lebih cocok untuk kategori anda yang ingin mencetak satuan.

Cetak Sablon


Cetak sablon adalah teknik cetak yang dasarnya menggunakan sebuah film dan layar yang memiliki sebuah kerapatan spesifik dan umum dari sebuah layar berupa nilon ataupun layar sutra. cetak sablon biasanya di gunakan untuk mencetak sebuah gambar ke dalam wadah - wadah tertentu yang biasanya tidak bisa di print melalui cetak offset maupun digital.

Beberapa benda tersebut adalah seperti kaos, kantong plastik, tas kain, dan masih banyak lagi benda - benda yang memang tidak dapat di cetak dengan menggunakan mesin print. sablon juga sangat di rekomendasikan untuk anda yang ingin membuat sebuah kaos dengan menggunakan logo tertentu ataupun membuat logo pada kantong plastik dalam kuantitas yang besar.

Kesimpulan dari artikel diatas adalah bahwa teknik cetak pada dunia percetakan sangatlah beragam jenisnya dan juga memiliki kegunaanya masing - masing yang berbeda - beda, untuk yang ingin mencetak dalam kuantitas besar maka sangat di rekomendasikan menggunakan cetak offset atau offset printing namun bagi anda yang ingin mencetak terburu - buru dan juga hanya dalam bentuk satuan saja, anda dapat beralih ke cetak digital atau biasa di sebut digital printing yang memang walaupun akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal daripada offset printing.

Komentar