Ketahuilah Beberapa Jenis Jilid Buku Di Dunia Percetakan



Membuat beberapa halaman kertas atau beberapa lembaran kertas agar menjadi satu bentuk seperti buku pasti akan di perlukan yang namanya proses jilid buku, proses ini di lakukan dengan tujuan untuk menyatukan lembaran - lembaran kertas menjadi terbentuk seperti buku. Jenis jilid buku juga terdiri dari bermacam - macam jenis prosesnya seperti jilid biasa menggunakan lakban, jilid lem panas dan masih banyak lagi jenis - jenis penjilidan buku yang ada di dunia percetakan. 

Selain beberapa teknik yang telah di sebutkan di atas masih banyak lagi teknik - teknik jilid lainnya  dan juga dapat di gabung dengan teknik jilid lainnya yang berarti sifat dari proses jilid tersebut tidak bersifat mutlak atau permanen, melainkan masih bisa di timpalkan dengan proses jilid yang lainnya contoh nya jilid jahit benang dengan jilid lem panas yang bertujuan agar buku yang di jilid tersebut dapat bertahan lebih kuat dan juga tahan lama.

Proses jilid buku sendiri merupakan proses finishing atau bisa di sebut juga kategori tahap akhir di dalam sebuah percetakan. Buku yang di jilid juga akan memberi kan image atau hasil bentuk yang berbeda. Buku yang di jilid biasanya akan memberikan kesan yang lebih mewah dan terlihat lebih baik dibandingkan dengan yang tidak di jilid.

Umumnya proses jilid buku ini kebanyakan di gunakan agar lembaran - lembaran kertas tersusun dengan rapih berdasarkan sesuai dengan urutan halamannya yaitu berurutan dari halaman awal sampai dengan halaman terakhir, dan juga menghindari dari adanya kejadian lembaran halaman yang hilang akibat tidak di susun secara rapih dan baik.

Seperti yang sudah diberitahu diatas, bahwa proses jilid buku mempunyai beberapa jenis proses jilidnya, berikut artikel dibawah ini akan sedikit menjelaskan beberapa jenis jilid buku yang ada pada dunia percetakan.

JENIS - JENIS JILID BUKU

JILID MIKA / LAKBAN


Jilid yang satu ini sangat umum di kenal oleh kalangan anak sekolah, mahasiswa/mahasiswi, orang kantoran, dan banyak lagi, bisa dikategorikan umum dikenal dikarenakan jilid jenis satu ini hanya menggunakan mika untuk cover depannya dan cover belakang dari jilid an menggunakan kertas buffalo, yang kemudian pada bagian pinggirnya akan di beri straples yang kemudian di tutupi oleh lakban yang berwarna hitam.

Jilid satu ini umumnya digunakan untuk jilid makalah, jilid laporan, jilid tugas, dan masih banyak lagi kegunaannya. Jilid mika sangat mudah ditemukan dimana saja, atau bahkan anda dapat menjilid nya sendiri dengan hanya menggunakan bahan - bahan yang sangat simple yaitu plastik mika untuk cover depannya, kertas buffalo untuk cover di belakang, lakban hitam dan straples.

JILID SPIRAL


Jilid spiral adalah teknik jilid buku dengan memberikan kawat atau plastik yang di kaitkan pada pinggiran buku berbentuk spiral atau melingkar. Jilid spiral terbagi menjadi 2 yaitu jilid spiral kawat dan juga jilid spiral plastik.

Perbedaannya adalah pada bahan spiralnya, Jilid spiral kawat menggunakan bahan yang dasarnya dari kawat untuk proses penjilid annya, sementara plastik menggunakan bahan dasar yang  terbuat dari plastik untuk proses jilidnya. biasanya jilid jenis satu ini digunakan untuk buku yang ketebalannya medium.

JILID KAWAT


Jilid jenis ini biasa nya dikenal oleh orang - orang pada umumnya adalah jilid straples, namun penyebutan jilid straples sangat asing dikenal di dunia percetakan, umumnya sebutan untuk jilid straples di dunia percetakan adalah jilid kawat, yaitu proses jilid yang memberi straples pada bagian halaman tengah - tengah kertas. 

Umumnya untuk melakukan proses jilid yang satu ini, kertas harus dilipat menjadi 2 bagian dan minimal terdapat 4 halaman di dalamnya, kelipatan untuk jilid jenis ini pun juga wajib 2 halaman. kelemahan dari jilid kawat adalah tidak dapat menampung jumlah kertas dalam quantity halaman tebal.

JILID BAUT


Jilid baut merupakan jilid yang menyatukan kertas - kertas lalu memberi bolongan pada bagian tengah kertas dari depan hingga tembus ke bagian belakang kertas kemudian akan di berikan baut pada halaman kertas yang telah di bolongi lalu di baut yang telah di pasang akan di kencangkan sehingga kertas tidak akan berantakan.

JILID LEM PANAS


Jenis jilid buku yang terakhir adalah jilid lem panas. Apa itu jilid lem panas? jilid lem panas adalah teknik menjilid menggunakan lem panas pada kertas yang kemudian pada bagian pinggir kertas akan sedikit di sayat agar lem dapat memberi rekatan pada kertas lebih kuat lagi.

Biasanya jilid satu ini digunakan ketika ada halaman buku yang sangat tebal dan tidak memungkinkan untuk di jilid memakai tekhnik jilid kawat. Jilid lem panas dikategorikan tidak mutlak, yang berarti jilid yang satu ini masih dapat di kombinasikan dengan teknik jilid lainnya seperti jilid benang atau jilid kawat.


Sampai disini artikel penjelasan mengenai teknik untuk jilid sebuah kertas agar mnenja yang ada di dunia percetakan dan juga dikenal orang - orang pada umumnya, berharap informasi yang di tulis pada artikel ini dapat menjadi bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca dalam memilih jenis jilid buku yang tepat.

Komentar