Cara Desain Sertifikat Melalui Ms Word 2010 Dan Beberapa Contoh Desain Nya




Membuat sertifikat tidaklah harus hanya melalui aplikasi atau media wadah edit seperti photoshop coreldraw dan lainnya lagi, tahu kah anda membuat desain dari sertifikat juga bisa dilakukan di aplikasi microsoft word, bagaimana caranya? caranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas pendukung dari microsoft word sendiri yaitu template certificate.

Sebelum masuk ke dalam penjelasan tutorial tips membuat desain sertifikat ada sedikit penjelasan mengenai pengertian dari apa itu sertifikat. Sertifikat adalah lembaran kertas yang berisikan sebuah tulisan yang bertujuan untuk memberi penghargaan kepada seseorang atas prestasi tertentu yang telah di raihnya. Biasanya sertifikat diberikan ketika sedang diadakan acara perlombaan tertentu, ataupun penghargaan dan ucapan rasa terimakasih karena telah mengikuti / partisipasi membantu suatu acara dari awal hingga acara berakhir.

Jika anda ingin membuat sertifikat bukan melalui aplikasi yang cukup rumit seperti photoshop dan lainnya, melainkan melalui Microsoft word berikut dibawah ini ada sedikit tutorial bagi anda yang ingin membuat sertifikat melalui ms. word.


1. BUKA MICROSOFT WORD 2010


Yang pertama adalah anda harus terlebih dahulu mencari aplikasi ms. word 2010. caranya adalah klik tombol windows (start) yang ada pada pojok kiri bawah layar komputer anda, lalu pilih ms. word seperti gambar diatas, atau jika tidak tertera langsung seperti gambar maka anda dapat mencari aplikas ms. word tersebut melalui kolom atau kotak pencarian search yang terdapat di windows tersebut.

2. KLIK MENU FILE PADA MS. WORD


Setelah ms. word anda temukan aplikasi dan telah di buka langkah selanjutnya adalah dengan mencari icon file yang ada pada menu bar, icon file seperti gambar diatas terletak pada pojok kiri atas dari layar komputer anda.

Bagi anda yang belum mengerti apa arti dari menu bar sendiri, adalah barisan yang berisikan deretan menu nama secara horizontal di dalam sebuah aplikasi tertentu.

3. PILIH NEW PADA LIST FILE


Langkah ketiga adalah pilih new pada bagian list menu dari file yang kemudian pada menu new anda dapat memilih folder sertifikat untuk anda membuat desain sertifikat anda sendiri pada aplikasi ms. word

4. PILIH TEMPLATE SERTIFIKAT


Di dalam folder new bagian sertifikat ketika anda sudah klik folder tersebut maka anda dapat melihat berbagai template sertifikat yang telah ms. word sediakan untuk tinggal anda edit kembali, apabila di dalam list utama tidak ada desain sertifikat yang anda inginkan maka anda dapat mencari desain sertifikat yang lainnya lagi melalui kolom pencarian yang ada di pojok kanan pertengahan atas.


Pada kolom diatas anda dapat mencari tema template sertifikat dengan model yang lainnya lagi karena ms. word masih memiliki banyak beragam jenis - jenis template sertifikat .

5. EDIT ISI SERTIFIKAT KEMUDIAN SAVE



Ketika anda sudah menentukan template sertifikat yang anda inginkan maka silahkan mendesain untuk sertifikat tersebut sesuai dengan yang anda inginkan, sebagai contoh misalnya anda ingin merubah kalimat ucapan dan juga nama - nama yang layak mendapatkan sertifikat tersebut, dan juga mengubah nama direktur sebuah perusahaan anda dan masih banyak lagi yang dapat anda edit di dalam sertifikat tersebut. Anda dapat mengikuti panduan mendesain sertifikat yang sering di terapkan orang - orang pada umumnya untuk membuat tampilan sertifikat anda terlihat profesional.

Selepas dari pembahasan tutorial membuat sertifikat melalui ms. word 2010 berikut adalah beberapa contoh desain dari sertifikat yang akan dilampirkan pada artikel dibawah ini

1. SERTIFIKAT HASIL PELATIHAN (TRAINING)

Sertifikat hasil training biasanya diberikan ketika seseorang telah melalui masa - masa training di waktu yang sudah di tentukan dan dapat melaluinya, oleh karena itu sertifikat pelatihan akan diberikan sebagai tanda apresiasi kepada orang orang yang sudah mengikuti pelatihan. Berikut dibawah ini adalah contoh desain sertifikat pelatihan atau training.




Itulah 2 contoh desain dari sertifikat hasil training seseorang atau sertifikat atas pelatihan pelatihan tertentu.


2. SERTIFIKAT PENGHARGAAN

Sertifikat penghargaan adalah sertifikat yang biasanya akan di berikan ketika ada seseorang yang sudah berhasil meraih prestasi tertentu di dalam bidang yang telah dia kuasai. Berikut adalah beberapa contoh bentuk desain dari sertifikat penghargaan




Demikian beberapa tutorial untuk desain sertifikat melalui microsoft word 2010 dan juga beberapa contoh desain dari jenis sertifikat, semoga tutorial yang telah di buat dapat menambah ilmu lebih luas lagi bagi para pembaca artikel ini dan juga menambah wawasan lagi tentang kegunaan dari ms word itu sendiri.

Komentar