Beberapa Hal Ini Wajib Di Perhatikan Ketika Ingin Membuat Desain Sertifikat




Sertifikat adalah secarik kertas yang di buat sebagai tanda untuk penghargaan kepada seseorang atas prestasi atau keahlian dalam suatu bidang tertentu yang menjadi bukti dalam sebuah kertas yang di cetak dengan desain sesuai dengan tema penghargaan tersebut.

Sertifikat bisa juga digunakan sebagai tanda bukti untuk seseorang bahwa dia telah menguasai 1 bidang tertentu yang sudah di raihnya dalam 1 bentuk penghargaan yaitu sertifikat. biasanya sertifikat dipakai ketika ada perusahaan yang menanyakan dan ingin tahu tentang keahlian seseorang di bidang apa.

Akan tetapi bagi anda yang ingin membuat sertifikat ada beberapa hal yang harus wajib di perhatikan ketika ingin membuat desain sertifikat, hal - hal yang biasanya harus di perhatikan ini apabila anda abaikan maka akan berpengaruh terhadap hasil cetak dari sertifikat, berikut beberapa hal yang wajib di perhatikan ketika anda ingin membuat desain sertifikat.

PERHATIKAN KONSEP SERTIFIKAT

Yang pertama wajib untuk diperhatikan adalah konsep sertifikat, konsep disini maksudnya adalah anda harus memperhatikan sertifikat mulai dari desain sertifikat dan juga template sertifikat. Carilah template yang sekiranya sesuai dengan tema yang anda ingin berikan kepada seseorang atau template yang tidak terlalu ramai dan juga terlalu umum dipakai banyak orang. 

Selanjutnya adalah desain dari sertifikat, hal yang satu ini juga penting untuk di lihat, buatlah desain sertifikat yang simple namun elegan untuk dilihat sehingga akan memberi nilai plus kepada sertifikat yang anda buat untuk dibagikan kepada orang yang mempunyai prestasi tertentu.

PILIHLAH SOFTWARE YANG COCOK

Berbeda software aplikasi yang biasa di buat untuk sertifikat biasa nya akan berp engaruh juga terhadap hasil dari sertifikat tersebut, dikarenakan faktor pendukung kelengkapan fasilitas setiap aplikasi itu berbeda - beda, faktor pendukung kelengkapan dari setiap aplikasi juga mempengaruhi hasil desain sertifikat tersebut karena di dalam beberapa faktor pendukung aplikasi tersebut ada beberapa aplikasi seperti pemilihan warna, size sertifikat, font tulisan, dan masih banyak lagi

PILIHLAH BAHAN KERTAS YANG BAIK

Selanjutnya adalah bahan kertas untuk sertifikat, pemilihan kualitas bahan kertas yang baik akan menghasilkan hasil sertifikat yang baik juga, banyak jenis kertas yang dapat anda pilih untuk digunakan sebagai bahan pembuatan sertifikat anda, apabila bingung memilih bahan kertas yang baik untuk sertifikat, anda bisa menanyakan kepada orang yang ada di percetakan bahan apa yang terbaik untuk digunakan sebelum anda membuat sertifikat tersebut.

MENCETAK SERTIFIKAT DALAM RESOLUSI TINGGI

Kualitas cetak akan mempengaruhi desain sertifikat, ketika anda mencetak dalam resolusi yang rendah maka hasilnya juga tidak akan sesuai dengan keinginan dan ada beberapa kendala mungkin seperti warna yang buram atau tulisan yang kurang jelas, 

Oleh karena itu disarankan bagi anda agar tidak kecewa dengan hasil dari sertifikat nya kembali lagi di sarankan untuk mencetak sertifikat dalam resolusi yang tinggi agar hasil dari sertifikat juga baik dan bagus untuk dilihat.

TENTUKAN WARNA DAN CEK KEMBALI HASILNYA

Yang terakhir dalam hal yang harus diperhatikan untuk desain adalah perhatikan warna yang ada pada sertifikat, warna mempengaruhi penampilan dari sertifikat gunakanlah warna yang tidak terlalu mencolok atau mempunyai kesan yang terlalu ramai. dan kemudian setelah anda menentukan warna adalah cek kembali hasilnya apakah sudah sesuai dengan desain yang dibuat sebelum di cetak dalam jumlah yang banyak.

Mengecek file desain sertifikat sebelum di cetak merupakan point yang perlu di perhatikan juga dikarenakan agar ketika cetak tidak ada lagi yang namanya kesalahan dalam cetakan yang membuat anda harus mengocek kantong 2x lipat dikarenakan desain yang pertama terdapat kesalahan, atau bagi pihak yang menyetak juga tidak akan rugi jika terdapat yang namanya kesalahan cetak.


Kesimpulan dari artikel diatas adalah sebelum mencetak atau membuat sertifikat alangkah lebih baiknya jika memperhatikan hal - hal diatas agar hasil dari pembuatan sertifikat tidak mengecewakan anda nantinya atau cepat rusak ketika memakai bahan yang tidak bagus atau kurang baik digunakan sebagai media untuk pembuatan mencetak desain dari sertifikat, Demikian artikel ini dibuat semoga dapat bermanfaat bagi banyak orang terutama bagi para pembaca.


Komentar