Mengenali Media Cetak Digital Printing: Bahan Backlite Dan Kegunaannya



Digital printing dijaman sekarang ini menjadi banyak pilihan orang pada umumnya dikarenakan beberapa faktor tertentu yang di tawarkan oleh digital printing. Salah satunya seperti cetak satuan dengan harga yang terjangkau, dan juga dengan berbagai macam pilihan bahan yang banyak, salah satunya adalah bahan backlite ini.

Pernahkan anda ketika sedang berjalan keluar rumah melihat kotak box yang menyala terpampang di jalanan? jika iya maka itulah yang di sebut dengan neon box. Neon box sendiri adalah sebuah box yang di dalamnya terdapat lampu yang akan menerangkan sebuah gambar atau desain tertentu apabila lampu tersebut di nyalakan dan juga sering di kombinasikan dengan menggunakan bahan dari backlite yang berfungsi ketika gambar yang terkena cahaya dari posisi di belakang menjadi terlihat dengan jelas.

Pembuatan neon box umumnya menggunakan bahan dari backlite yang dimana bahan dari backlite ini memiliki sifat yang hampir sama dengan frontlite, hanya yang membedakan antara bahan dari backlite sama frontlite adalah tekstur kaku. umumnya frontlite bahannya lebih kaku jika di bandingkan dengan backlite. Bahan dari backlite ini sangat cocok juga pemakaiannya untuk outdoor maupun indoor.

Bahan dari backlite ini sangat sering di gunakan dalam pembuatan neon box, hal ini karena gambar yang terdapat backlite dapat ditembus apabila terkena cahaya lampu, karena hal inilah penggunaan bahan backlite sering di gunakan untuk mempromosikan sesuatu ataupun untuk membuat iklan yang dapat dilihat sepanjang waktu, baik itu siang hari maupun malam hari. Selain untuk neon box, backlite juga sering di  gunakan untuk pembuatan baliho ataupun juga billboard dan masih banyak lainnya lagi.

Proses cetak menggunakan bahan ini pun berbeda daripada yang lainnya, biasanya di cetak dengan cara lebih dari 1x cetak, yang akan membuat kualitas gambar dari bahan backlite tersebut menjadi sangat baik. Berikut ini beberapa rincian kekurangan dan juga kelebihan dari bahan backlite.

Kelebihan Bahan Dari Backlite
1. Dapat Di Buat Sesuai Dengan Desain Keinginan

Anda dapat membuat desain dengan desain ataupun gambar sesuai dengan keinginan anda tanpa ada batasan - batasan tertentu seperti batasan warna maximal, atau batasan lainnya. Tentu saja hal ini akan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk anda dalam menggunakan bahan yang satu ini.

2. Tidak Ada Batasan Ukuran

Yang kedua adalah, tidak terbatasnya ukuran maximal yang bisa anda buat menggunakan bahan yang satu ini, anda dapat membuat neon box menggunakan bahan backlite dengan variasi ukuran sesuai dengan keinginan.

3. Tidak Mudah Robek

Yang terakhir dalam kelebihan bahan dari backlite adalah bahannya tidak mudah robek terkecuali terkena benda tajam.

Kekurangan Bahan Dari Backlite

1. Tidak Cocok Penggunaan Dalam Jangka Waktu Panjang

Bahan dari backlite tidak di rekomendasikan di gunakan dalam jangka waktu yang panjang, beberapa hal di karenakan seperti warna dari bahan backlite yang memudar atau desain yang mulai menghilang karena terkena pergantian cuaca.

2. Hasil Gambar Tidak Tajam Apabila Menggunakan Blok Warna

Ketika anda mempunyai desain dengan file yang mengharuskan anda memblok dasar dari bahan tersebut, tentu hasilnya tidak akan setajam jika gambar atau desain yang anda punya tidak di blok.

Demikian beberapa informasi yang dapat di sampaikan mengenai bahan atau media cetak digital printing bahan backlite. Semoga informasi ini dapat berguna dan menambah wawasan bagi semua orang yang membaca artikel ini.

Komentar