Kenali Ciri Perbedaan Laminasi Antara Doff Dan Glossy


APA ITU LAMINATING DAN LAMINASI?

Dokumen atau surat berharga penting pastinya akan sangat wajib untuk disimpan secara baik - baik dan menjaganya agar tidak rusak atau sobek, tentunya dalam hal ini akan di butuhkan sebuah lapisan yang dapat menahan hal - hal yang tidak di inginkan terjadi pada dokumen - dokumen penting milik anda, lapisan yang dapat membantu mencegah hal tersebut biasa di sebut dengan laminating atau laminasi, namun kedua hal ini mempunyai arti yang berbeda.

Laminating dan laminasi keduanya merupakan proses yang paling sering digunakan atau ditanyakan ketika anda sedang datang ke sebuah percetakan untuk mencetak barang, biasanya anda akan di tawarkan untuk melapisi cetakan anda dengan salah satu hal diatas. memang terkadang akan sulit membedakan antara laminating dan laminasi sehingga akan membuat anda sedikit bingung jika ditanyakan kedua hal tersebut akan tetapi ada sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara laminasi dan juga laminating pada paragraf setelah ini.

Laminating adalah proses melapisi sebuah kertas yang tipis dengan plastik atau sebuah lapisan yang tebal pada kedua sisi kertas tersebut sementara laminasi adalah proses melapisi cetakan dengan sebuah lapisan yang tipis yang dapat di pilih lapisannya ingin mengkilap atau tidak.

Sebenarnya laminating dan laminasi itu adalah kata yang sama memiliki arti yaitu sama - sama melapisi sebuah cetakan dengan lapisan lain agar cetakan tersebut dapat terlindungi. Hanya yang membedakan kalimat tersebut adalah dapat terlihat dari kelasan katanya, laminating adalah kalimat verb atau kata kerja sementara laminasi adalah kata benda (noun).

Biasanya laminating atau laminasi di lakukan ketika ada dokumen atau file penting, file berharga lainnya yang memang harus terjaga dengan baik. Tujuan dokumen di laminating atau laminasi adalah agar dokumen tersebut tetap utuh dalam jangka waktu yang lama meskipun ada hal - hal lainnya yang seharusnya ketika tidak di laminating akan membuat dokumen atau file tersebut rusak namun karena sudah di laminating membuat dokumen tersebut dapat bertahan.

Laminasi atau laminating sendiri memiliki 2 pilihan ketika anda ingin melapisi dokumen atau file anda yaitu laminasi doff dan juga laminasi glossy. Doff dan glossy memiliki sifat lapisan yang berbeda - beda berikut artikel di bawah ini akan sedikit memberi penjelasan mengenai perbedaan antara laminasi doff dan juga glossy.

LAMINASI DOFF

Laminasi doff adalah laminasi yang pada lapisannya tidak berkilau atau bisa di bilang juga tidak memantulkan cahaya apabila cetakan yang dilapisi laminasi jenis ini terkena paparan cahaya langsung. Menggunakan laminasi jenis doff akan memberikan permukaan dari cetakan yang licin dan juga membuat warna dari cetakan menjadi lebih tahan lama.

Laminasi jenis ini juga biasanya digunakan untuk melapisi kartu nama, surat surat, dokumen berharga, dan juga bisa di gunakan sebagai undangan pernikahan. ketika anda membaca penggunaan laminasi doff untuk cetakan terakhir yaitu undangan pernikahan pasti akan sedikit membingungkan karena biasanya untuk melapisi undangan yang digunakan adalah jenis laminating glossy, walaupun hasilnya nanti tidak mengkilap seperti laminating glossy, laminating doff tetap dapat digunakan untuk melapisi undangan juga.

LAMINASI GLOSSY

Laminasi yang terakhir adalah laminasi glossy. Jika laminasi doff lapisannya tidak berkilau dan juga tidak memantulkan cahaya maka sifat dari lapisan laminasi glossy berbanding terbalik dengan laminasi tersebut. Laminasi glossy lapisannya akan memberi efek mengkilap dan juga membuat warna dari cetakan yang di lapisi menggunakan laminasi ini menjadi lebih terang, laminasi jenis ini juga dapat memantulkan cahaya apabila terkena paparan cahaya secara langsung.

Biasanya laminasi ini digunakan untuk melapisi cetakan seperti brosur, flyer, undangan agar terlihat dan terkesan mewah, poster, dan masih banyak lagi cetakan yang dapat di lapisi dengan laminasi glossy,

Mungkin laminasi glossy dan doff memiliki satu arti yang berbeda namun tujuan yang sama yaitu agar dokumen penting yang anda miliki dapat tersimpan dengan baik dan bertahan dari hal - hal yang tidak di inginkan yang akan membuat dokumen yang kita miliki menjadi rusak atau sobek. Semoga setelah membaca artikel yang tertulis diatas anda tidak lagi bingung untuk membedakan antara laminasi dan laminating sekaligus juga dapat membedakan antara laminasi doff dan juga laminasi glossy.

Komentar