Apa Itu Percetakan ? Dan Apa Saja Yang Bisa Di Cetak?






Percetakan adalah tempat dimana untuk mencetak sebuah gambar atau tulisan di dalam sebuah media seperti kertas, dan banyak lagi, biasanya di percetakan menggunakan tinta sebagai bahan utama dan mesin cetak untuk mencetak gambar atau tulisan tersebut hingga tulisan tersebut dapat di sentuh atau di pegang dengan jelas menggunakan tangan.

Percetakan juga mencetak macam - macam jenis barang yang bisa di cetak dengan request gambar seperti keinginan kalian seperti brosur, poster, kalender, spanduk, banner, baliho, billboard, kartu nama, sticker, mug, dan masih banyak lagi jenis cetakan yang dapat di cetak.

Jenis percetakan terbagi menjadi 2 yaitu percetakan offset printing dan juga digital printing. apa itu offset printing ? berikut penjelasannya dibawah ini mengenai tentang offset printing dan juga digital printing.

offset printing / cetak offset adalah proses mencetak yang dimana pada proses ini cetakan gambar terlebih dahulu di transfer ke plat yang kemudian di tuang ke lembaran karet yang selanjutnya barulah di tuang diatas permukaan yang ingin di cetak.

Sementara digital printing adalah sistem printing yang menggunakan metode cetak gambar yang menggunakan mesin digital dan biasanya proses cetak hanya melalui file gambar atau tulisan yang ada berasal dari komputer yang kemudian langsung dapat di cetak ke media yang di inginkan dengan sangat cepat. digital printing ada dikarenakan kemajuan teknologi yang ada di zaman sekarang ini sudah begitu sangat cepat.

Secara, pada umumnya digital printing akan memakan biaya cetak atau biaya produksi lebih tinggi dibandingkan dengan offset printing, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada percetakan murah yang menyediakan jasa cetak digital printing dengan harga yang murah

Offset printing maupun digital printing pun juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing, dibawah ini sedikit penjelasan apa saja kelebihan dan kekurangan dari offset printing maupun digital printing.

KELEBIHAN DIGITAL PRINTING

- Media atau file dapat langsung di letakkan ke dalam wadah cetakan yang di inginkan

- Waktu yang di perlukan untuk mencetak tentunya lebih singkat

- Dapat mencetak dalam jumlah banyak dengan cepat

- Tenaga yang di butuhkan lebih sedikit

KEKURANGAN DIGITAL PRINTING

- Harga lebih mahal jika untuk cetak dalam bentuk satuan, atau cetak dalam jumlah sedikit

- Persaingan sangat ketat dikarenakan cetak dengan menggunakan metode satu ini sangat efisien

- Harga mesin digital printing cukup mahal



Diatas adalah kekurangan dan juga kelebihan dari digital printing, selanjutnya dibawah ini akan dibahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari offset printing.

KELEBIHAN OFFSET PRINTING

- Biaya pembuatan plat tidak terlalu mahal

- Dapat membuat cetakan sesuai dengan ukuran yang di inginkan 

- Hasil cetakan dari offset printing dapat tahan lebih lama

- Warna yang dihasilkan juga tidak gampang pudar

- Untuk cetakan seperti gradasi, font kecil, atau garis tipis hasilnya akan sangat baik dan bagus

- Cocok untuk media atau wadah cetakan yang memiliki bahan permukaan halus ataupun kasar

- Bisa mencetak pada media yang ukurannya sangat tebal maupun sangat tipis

- Bisa mencetak dalam jumlah besar juga


KEKURANGAN OFFSET PRINTING

- Warna yang dapat digunakan sangat terbatas

- Apabila menggunakan warna yang banyak maka akan membuat biaya cetak atau biaya produksi tentunya lebih mahal

- Terdapat keterbatasan penyesuaian warna

- Waktu produksi cetakan memerlukan waktu lebih lama

- Banyak sampah yang tidak ramah lingkungan

- Dibutuhkan waktu lebih juga untuk proses pengeringan cetakan, dikarenakan cetakan yang di cetak menggunakan tinta yang basah.



Itulah deskripsi tentang percetakan yang wajib kita ketahui sebelum kita ingin mencetak sesuatu, setiap proses cetak pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan, contohnya seperti offset printing dan juga digital printing yang memiliki beberapa kelebihan akan tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Demikian artikel ini di buat, semoga dapat menambah wawasan bagi banyak orang. dan bermanfaat bagi para pembaca.

Komentar