Apa Itu Poster? Dan Apa Saja Bahan Poster Itu?



Poster adalah media promosi yang di cetak menggunakan bahan - bahan tertentu yang kemudian di letakkan di tempat - tempat ramai dengan tujuan agar isi dari poster yang dibuat dapat dilihat oleh orang banyak, dan dengan harapan agar orang tertarik dengan isi konten yang dibuat pada poster tersebut.

Poster juga memiliki pendapat yang berbeda dari beberapa para ahli yang juga pernah mengemukakan pendapat mengenai poster, berikut dibawah ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian poster.

1. ZANU 

Menurut zanu pengertian poster adalah gambar yang dirancang atau di desain dengan semenarik mungkin dan digabungkan dengan sedikit kata - kata yang kemudian di cetak dan di tempel di tempat - tempat tertentu.

2. EKOKASIH

Ekokasih berpendapat bahwa poster adalah sebuah plakat yang di dalamnya memiliki isi tulisan dan kemudian di tempelkan pada tempat - tempat umum.

3. ARSYAD

Menurut arsyard poster merupakan media visual 2 dimensi yang berisikan gambar dan tulisan yang dibuat secara singkat bertujuan untuk menyampaikan pesan - pesan kepada khalayak ramai dan juga mempengaruhi tingkah - tingkah orang yang melihat poster nya


Jadi diatas tadi adalah beberapa pendapat para ahli yang mengemukakan arti dari definisi poster itu sendiri, akan tetapi sebelum membuat poster alangkah lebih baiknya lagi jika mengetahui bahan - bahan dari poster terlebih dahulu agar tidak salah memilih bahan ketika ingin membuat poster yang berujung kecewa karena poster mudah rusak atau pudar warna nya.


1. LUSTER / PVC BANNER

Bahan poster satu ini merupakan bahan dasar yang terbuat dari kertas, akan tetapi jenis kertas yang satu ini memiliki sifat yang bisa tahan dari air dan juga bisa membiaskan cahaya yang terpantul ke kertas ini jika menggunakan bahan ini sebagai pembuatan poster.

Perbedaan yang terdapat pada luster dan PVC banner adalah terletak pada ketebalannya, akan tetapi tetap memiliki sifat yang sama yaitu dapat tahan dari air dan juga dapat membiaskan cahaya apabila terkena cahaya secara langsung

2. D-BOARD

Bahan ini termasuk kedalam kategori 100% ramah lingkungan dikarenakan sifat dari bahan ini dapat di daur ulang dan juga sangat membuat biaya jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan bahan - bahan lainnya

3. MDF (MEDIUM DENSITY FIREBOARD)

Bahan MDF adalah bahan yang terbuat dari papan kayu yang di press pada tekanan temperatur suhu yang tinggi dengan menggunakan bantuan resin untuk prosesnya. bahan MDF ini tentunya akan menghasilkan poster yang lebih kokoh dibandingkan bahan poster lainnya yang hanya menggunakan kertas.

4. CANVAS MATTE

Bahan kanvas adalah bahan kertas yang sifatnya bisa dikenali dengan memiliki tekstur yang kasar jika dibandingkan dengan bahan - bahan kertas untuk pembuatan poster lainnya, kertas canvas matte juga cukup berat dan memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan poster lainnya.

5. PET

Bahan pet adalah bahan yang termasuk kategori yang paling baik untuk digunakan sebagai bahan poster dikarenakan bahan yang satu ini memiliki sifat yang dapat tahan dari air dan dapat tahan juga dari minyak, bahan pet ini juga memiliki ketebalan yang sangat tebal dan juga  tergolong dalam kertas yang padat dan juga berat, dikarenakan bahan pet ini memiliki sifat seperti diatas, bahan ini tidak mudah untuk robek ataupun di sobek

6. AKRILIK

Bahan akrilik adalah bahan yang terbuat dari plastik yang bentuknya itu juga menyerupai kaca, bahan jenis ini meskipun dari bentuknya menyerupai kaca, tetapi jika terjatuh atau secara tidak sengaja terbanting maka tidak akan beresiko pecah seperti bahan kaca pada umumnya, akrilik juga dapat bertahan dari sinar matahari dan juga tidak mudah untuk berubah warnanya.

7. IMPRABOARD

Jenis bahan yang terakhir adalah bahan impraboard, bahan poster impraboard adalah bahan yang dasarnya terbuat dari plastik akan tetapi jenis plastik yang satu ini adalah plastik yang memiliki rongga, bahan ini juga termasuk dalam bahan kategori ringan dan mudah dibawa kemanapun. meskipun bahan ini terbuat dari plastik akan tetapi bahan ini tidak kalah kokoh dengan bahan lainnya.


Itulah beberapa pengertian tentang poster dan juga beberapa rincian tentang apa saja bahan poster itu, semoga artikel diatas dapat wawasan bagi para pembaca dan juga menambah informasi bagi anda yang sedang ingin membuat poster tetapi bingung ingin menggunakan bahan jenis apa.

Komentar